Kemenkeu dan LPEI akan Bantu UKM yang Fokus Ekspor

 

Kementerian Keuangan serta Instansi Pembiayaan Export Indonesia (LPEI) akan memberi pertolongan buat Usaha Kecil serta Menengah (UKM) yang fokus export.


Lewat program Penempatan Spesial Export (PKE), aktor UKM akan mendapatkan sarana pembiayaan dengan kriteria serta suku bunga yang mudah.


"Program ini searah dengan usaha pemulihan ekonomi nasional, pemerintah terus sediakan suport untuk Usaha Kecil serta Menengah (UKM) untuk salah satunya bagian penting penggerak ekonomi," kata Direktur Jenderal Pengendalian Pembiayaan serta Efek (Dirjen PPR) Kemenkeu Luky Alfirman dalam info tercatatnya, Selasa (8/9/2020).


1. Meningkatkan daya saing serta perkembangan industri dalam negeri


MAIN SABUNG AYAM ONLINE MENGUNTUNGKAN Dengan sarana pembiayaan ini, pemerintah mengharap agar bisa tingkatkan daya saing UKM dan menggerakkan perkembangan industri dalam negeri lewat kenaikan export Indonesia.


"Pemerintah terus berusaha untuk tingkatkan daya saing beberapa aktor UKM dengan memberi suport sarana pembiayaan export buat aktor UKM yang berpotensi export tetapi terhalang permasalahan akses pada sarana perbankan," kata Luky.


2. Dorong aktor UKM untuk manfaatkan sarana PKE


Diberitakan sebelumnya, Kemenkeu bersama-sama LPEI sudah mengadakan publikasi sarana PKE ini yang diperuntukkan buat aktor usaha bagian UKM, Dinas Koperasi serta UKM, dan Dinas Perindustrian serta Perdagangan.


Lewat info itu, aktor usaha UKM diinginkan bisa mendapatkan pandangan berkaitan program PKE serta tergerak untuk manfaatkan sarana PKE.


Program PKE ini sudah diputuskan dengan Ketetapan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 372/KMK.08/2020 mengenai Penempatan Spesial Pada Instansi Pembiayaan Export Indonesia Dalam Kerangka Memberikan dukungan Bagian Usaha Kecil serta Menengah Fokus Export.


3. Program PKE bukan pertama kali ini dikerjakan


Program PKE untuk UKM ini adalah lanjutan dari program PKE yang sudah berjalan untuk memberikan dukungan project/transaksi yang dengan cara komersil susah untuk dikerjakan, tetapi dipandang perlu oleh pemerintah.


Beberapa program PKE yang sudah sukses dikerjakan salah satunya ialah PKE gerbong penumpang kereta api, PKE ketahanan usaha, PKE pesawat udara, PKE komoditas ke teritori Afrika, serta PKE peningkatan bagian pariwisata.


Kesuksesan program PKE awalnya diinginkan memberi kepercayaan diri buat aktor usaha UKM untuk bangkit kembali serta menggerakkan pemulihan ekonomi nasional.


Postingan populer dari blog ini

People walk along the banks of the Mississippi River, which has seen record low water levels, in Grand Tower, Illinois, November 2, 2022.

sense of comic timing, emotional depth, and physical presence

Property of Windsor